7 Desember 2011

Serba-serbi Tabir Surya untuk Pelindung Kulit

DI cuaca mendung sekalipun, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari tetap jadi ancaman. Menemukan pelindung kulit yang tepat merupakan solusi, utamanya bagi Anda yang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan.

The International Dermal Institute (IDI) menyarankan setiap orang untuk menggunakan tabir surya di segala kondisi cuaca, mulai cuaca panas, cerah, bahkan mendung, saat beraktivitas di luar ruangan. Direktur Research and Development IDI Diana Howard mengatakan, bahwa penting untuk melindungi kulit setiap saat, tidak hanya pada tingkat paparan sinar matahari yang tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa paparan tingkat rendah harian dari sinar matahari juga bersifat merusak. Berikut ulasannya, seperti dikutip Sheknows.

Siapa yang sebaiknya menggunakan tabir surya?

Semua orang membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari, yang dapat merusak kulit hanya dalam 15 menit. Namun, anak-anak adalah yang paling rentan. Mereka juga berpotensi besar terkena kanker kulit akibat sinar UV matahari.

Kapan menggunakan tabir surya?

Anda membutuhkan tabir surya di segala kondisi cuaca. Untuk hasil terbaik, gunakan tabir surya 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Dengan begitu, kulit punya waktu untuk menyerapnya, tabir surya juga tidak akan mudah hilang karena keringat.

Dasar-dasar menggunakan tabir surya

Gunakan tabir surya pada semua bagian kulit yang terkena sinar matahari, termasuk telinga, punggung, bahu, bagian belakang lutut, dan kaki. Untuk pemilik kulit sensitif, tabir surya tanpa minyak dapat diaplikasikan pada wajah.

Ulangi pemakaian tabir surya setelah dua jam, dan setelah Anda berenang atau berkeringat. Ada dua titik bagian tubuh yang sulit terlindungi dengan tabir surya, yakni kepala dan kelopak mata. Untuk melindunginya, Anda dapat menggunakan topi dan kacamata hitam.

Apa jenis tabir surya terbaik?

Pilih tabir surya dengan spektrum luas yang melindungi kulit terhadap sinar UV A dan UV B, dan memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15. Carilah merek tabir surya tahan air jika Anda akan berkeringat atau berenang, juga gunakan tabir surya berbasis air jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan terhadap jerawat. (ftr)

0 komentar:

Posting Komentar